Selasa, 23 September 2008

Masa Kecil Masa yang Suci

Inget gak waktu kecil dulu kita tuh polooosss bangetthh..... Dibilangin ini nurut aja..
Dibilangin itu nurut aja..-soalnya kalo nggak nurut bakal dimarahin*haha-
Pernah disuruh ngambil ember ya diambil.. Disuruh beli sayur ya dibeliin.. Disuruh bikin minum ya dibikinin.. Disuruh belajar yaaaaaaaaaaa ntaran dulu laaah-hanya terjadi pada penulis-
Aku masih inget banget waktu adeq masih kecil, mungkin umur 2 atau 3 tahun-penulis berumur 12 tahun-, dia q goncengin naik speda cewek mo bli es batu untuk buka puasa, kalo gak salah waktu itu juga lagi bulan Ramadhan. Nah, awalnya perjalanan aman-aman aja sampe tempat penjual es batu. Transaksi pun berjalan lancar. Kebetulan aku berangkat en pulang lewat jalan yang beda-hasrat anak-anak untuk muter-muter kampung skalian ngabuburit*hoho-. Sampe waktu aku nglewatin warung makan, dari situ keliatan ada seorang bapak-bapak
berdiri tegap di depan tong sampah sebelah kali-sunge-
sambil masukin daun-daun kering ke tong sampah itu. Kalo sepenglihatanku sih tu bapak-bapak lagi bakar sampah di tong itu. Tapi sepenglihatan adeku yang-maklum-masih umur 2 ataw 3 tahunan tu bapak-bapak sedang menghadapi kebakaran maha dahsyat sehingga perlu bantuan dan pertolongan. Tau apa yang dilakukan adeku??
Aku menggenjot sepeda dengan santai sambil melirik genit ke arah tong sampah-mataku kelilipan pohon-, sementara adeq dengan tatapan nanar melotot ke arah api merah menyala itu, sambil nunjuk-nunjuk dengan paniknya dia teriak, "KEBAKARAAAAN!!!!!!KEBAKARAAAAAAANNNNNNNNN!!!!!!!!!!"
Si bapak-bapak celingukan mencari 'kebakaran' yang dimaksud adeku. Sementara aku yang udah terbiasa dengan keanehan adeq cuma bisa bilang,"Bukan kebakaran dek... Emang bapaknya lagi niat mau bakar kampung..." Bukan! Bukan gitu! Aku bilang,"Bukan kebakaran dek... Bapaknya emang mau bakar sampah..." Tapi apa yang terjadi pada adeku selanjutnya??
Dia tidak berhenti berteriak nista seperti tadi sampe 200 meter dari TKP sambil masih nunjuk ke arah tong sampah. Bisa bayangkan gimana malunya aku????Hhuuhuhuhuhu........



Ini nih pelakunya.....








Pernah juga aku waktu masih umur 5 ataw 6 tahun gitu penasaran ngeliat siku tanganku. Antara takjub dan bertanya-tanya, kenapa siku tanganku seperti ini? Kulitnya kenapa harus seperti ini?? Kenapa ada lubangnya-pori-pori mksudnya-?? Aku bolak balik siku tanganku, ternyata kulitnya bisa ditarik ulur-kayak layangan aja-
Nah sekarang gantian ibuku yang penasaran anaknya kenapa bertingkah aneh kayak gitu-haha-
Sambil lalu ibuku bilang,"Semua orang sikunya juga kayak gitu kok."
Menindaklanjuti perkataan ibuku yang sok cool en dalem tadi-menurut anak usia 5 tahunan itu dalem lho-aku mengalihkan pandangan ke lututku. Dan berbagai macam pertanyaan muncul kembali. Dan lagi-lagi ibuku menjawab dengan gaya sok cool-mungkin karena merasa lebih tua jadi lebih tau*hehe-,"Semua lutut emang kayak gitu nduk.." Sebel dengan jawaban ibu yang sok bisa membaca pikiranku dan sok cool, akhirnya aku pergi maen.
Anak kecil itu suci hatinya, bersih pikirannya, dan gak cuma beberapa anak kecil saja... Semua orang waktu masih kecil seperti itu. Termasuk aku, kamu, kita semua. Asyik yah... Ternyata kita pernah seenggaknya sekali seumur hidup jadi orang suci. Intinya sekarang ini kita adalah mantan orang suci. Maukah aku, kamu, kita semua menjadi orang suci lagi??? Sebentar lagi lebaran, mari sucikan kembali hati aku, kamu, kita semua dengan saling bermaafan. Ikhlaskan yang telah terjadi, yakinkan bahwa semua itu adalah yang terbaik yang ALLAH SWT berikan pada kita semua. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri..........

Tidak ada komentar: